Jangan Keliru Dan Wujud Anjing Ajag Sekilas Mirip Serigala

Yorks Hire Terrier Kingdom – Nah di bawah ini kami akan menjelaskan beberapa macam anjing yang sangat galak dan mirip dengan serigala.

  • Ada satu jenis anjing liar asli Indonesia yang jarang diketahui keberadaannya. Hidupnya di hutan dan pegunungan.
  • Namanya anjing ajag, yang sekilas wujudnya mirip serigala. Tapi, keduanya berbeda.
  • Fauna ini berasal dari spesies Cuon alpinus. Di Indonesia, ada dua jenis yaitu Cuon alpinus javanicus [anjing hutan jawa] dan Cuon alpinus sumatrensis [anjing hutan sumatera].
  • Sejauh ini, penelitian tentang ajag di Indonesia masih terbatas. Belum ada data pasti mengenai populasinya di Sumatera dan Jawa. Berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. 106 Tahun 2018 tentang Jenis Tumbuhan dan Satwa Dilindungi, anjing ajag merupakan jenis satwa dilindungi.

Bagi sebagian orang, anjing adalah hewan peliharaan yang menggemaskan. Kesetiaan dan kepintarannya selalu membuat jatuh cinta.

Namun, ada satu jenis anjing asli Indonesia yang jarang disebut namanya. Jenis ini hidup di hutan belantara hingga wilayah pegunungan. Perawakannya sedang, berwarna cokelat kemerahan. Bagian bawah dagu, leher, hingga ujung perutnya putih, sedangkan ekornya panjang dan berbulu tebal kehitaman.

Namanya anjing ajag, yang pastinya berbeda dengan serigala. Fauna ini berasal dari spesies Cuon alpinus. Di Indonesia, ada dua jenis yaitu Cuon alpinus javanicus [anjing hutan jawa] dan Cuon alpinus sumatrensis [anjing hutan sumatera]. Di beberapa daerah Jawa, ajag sering disebut asu kikik.

Secara luas Cuon alpinus, mengutip Greeners, tersebar di kawasan Asia mulai dari Bangladesh, Bhutan, Kamboja, China, India, Indonesia, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Laos, Malaysia, Mongolia, Myanmar, Nepal, Russia, Tajikistan, Thailand, dan Vietnam.

Ajag memiliki lolongan keras dan jelas. Biasanya hidup berkelompok dalam lima hingga dua belas ekor, tergantung lingkungannya. Dalam kondisi tertentu, ia dapat hidup soliter [sendiri]. Jenis ini merupakan pemburu yang menyukai kelinci, kancil, babi hutan, kijang, dan rusa.

Sejauh ini, penelitian tentang ajag di Indonesia masih terbatas. Belum ada data pasti mengenai populasinya di Sumatera dan Jawa. Keberadaan ajag di Jawa diketahui berada di Taman Nasional Alas Purwo, Baluran, Gede Pangrango, Halimun Salak, dan Ujung Kulon. Di Sumatera kehadirannya terdeteksi di di Taman Nasional Gunung Leuser dan Kerinci Seblat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *